Monday 31 October 2016

PROPOSAL PENELITIAN ILMIAH

I.               I.          LATAR BELAKANG
Quality Control (pengendalian mutu) adalah semua usaha untuk menjamin agar hasil dari pelaksanaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dan memuaskan konsumen. Tujuan quality control agar tidak terjadi barang yang tidak sesuai dengan standar mutu yang diinginkan (second quality) terus-menerus dan bisa mengendalikan, menyeleksi, menilai kualitas, sehingga konsumen merasa puas dan perusahaan tidak rugi. Tujuan Pengusaha menjalankan QC untuk menperoleh keuntungan dengan cara yang fleksibel dan untuk menjamin agar pelanggan merasa puas, investasi bisa kembali, serta perusahaan mendapat keuntungan untuk jangka panjang.
            Kualitas merupakan karakteristik produk yang selalu diperhatikan perusahaan. Tingginya tingkat kecacatan menyebabkan perusahaan tidak mampu bersaing di pasar, Penyebab suatu produk cacat biasa timbul dari lima sumber, yaitu kesalahan manusia atau operator, mesin yang dipasang tidak wajar, bahan baku yang tidak sesuai, lingkungan yang tidak mendukung, dan metode kerja yang salah. PT. Nipress Battery adalah perusahaan manufaktur yang begerak dalam produksi baterai lithium. Tujuan dari penelitian tugas akhir ini adalah untuk menurunkan tingkat kecacatan yang cukup tinggi yang ada di . PT. Nipress Battery Hal ini berusaha diatasi dengan perancangan pengendalian kualitas, dengan diberikan usulan-usulan perbaikan sistem kualitas kemudian melakukan implementasi. Melalui pengendalian kualitas diharapkan mampu menyidik dengan cepat terjadinya sebab-sebab terduga sehingga tindakan perbaikan dapat dilakukan sedini mungkin dan pencapaian standar mutu serta pengendalian proses tetap terpelihara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan perancangan pengendalian kualitas dapat mengurangi persentase cacat yang terjadi. Ini terbukti dari persentase cacat sebelum dan sesudah dilakukan perbaikan terdapat perbedaan yang signifikan.
Nipress didirikan pada tahun 1970 dan bergerak di bidang manufaktur baterai. Nipress berbasis di Bogor, Indonesia, dan satu-satunya perusahaan publik baterai yang terdaftar di Indonesia sejak tahun 1992. Produk yang dihasilkan adalah semua baterai untuk semua daerah dengan kapasitas besar. Nipress memiliki pasar yang besar untuk pasar domestik dan internasional dan telah memasuki berbagai OEMs. Nipress bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk pengembangan baterai lithium untuk mobil listrik dan untuk baterai di bidang pertahanan dan keamanan. Nipress juga berpartisipasi pada AEDSI Project – KAIZEN PROGRAM 2003 – 2007 (2003). Meluncurkan NS “Absolute” aki kering dikenakan biaya baterai untuk mobil & sepeda motor (2004). Meluncurkan NS “Accurate” baterai hybrid untuk mobil (2006), Sertifikat Penghargaan “Kinerja Pengiriman Baik (Peringkat A)” dari PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB). Mengembangkan Baterai Pesawat untuk Hercules, Soloy, Pesawat Trainer mulai dari Januari 2014.
Nipress sudah memiliki prestasi yang sangat baik dalam kurun waktu yang cukup lama, hal ini juga didasari oleh tingkat pengendalian control kualitas yang baik pada setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Kualitas yang baik akan memberikan kepuasan bagi pelanggan sehingga kepercayaan akan terjalin antar perusahaan. Perusahaan sebesar Nipress pun terkadang menghasilkan produk yang cacat seperti  retak atau barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi, untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui  jenis cacat dominan agar dapat dilakukan perbaikan sehingga meningkatkan kualtitas produk. Kegiatan tersebut perlu dilakukan walaupun proses produksi telah direncanakan dan dilaksanakan dengan baik, karena pada kenyataannya sering terjadi kesalahan dimana kualitas produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

II.         PERUMUSAN MASALAH
Setelah mengidentifikasi permasalahan di atas perlu adanya rumusan masalah, karena rumusan masalah merupakan bagian terpenting dalam sebuah penelitian, sehingga dengan adanya rumusan masalah tujuan dapat tercapai, seperti yang dikemukakan oleh Sugiyono (2010:58) “Rumusan masalah adalah suatu pernyataan yang akan dicarikan jawabannya melalui pengumpulan data”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Metode apa yang digunakan Nipress, Tbk dalam proses quality control sehingga meminimalisir kecacatan pada produknya?”

0 comments:

Post a Comment