Tuesday 23 August 2016

Dilematika Jurusan Kuliah

Dilematika? Galau? Sama ajasih sebenernya. Galau bahasa gaulnya, dilematika bahasa kerennya. Kalau lagi dilematika atau galau tuh rasanya engga enak banget deh beneran. Kalau galau in cowok sih uda biasa yaa.. Lah kalau galau in Jurusan Kuliah yang mau diambil gimana?

Hmm ini nih yang paling dag dig dug hehe..

Aku mau cerita sedikit tentang pengalamaku nih. Ketika masih kecil kalau ditanya mau jadi apa, pasti anak kecil jawabnya "dokter", "guru", "abri", "polisi", "pilot", dan bahkan "astronot". Iya atau engga nih? hehe.. Begitu pula sama aku. Namanya anak kecil pasti kalau pikiran belum terbuka dan belum tau banyak hal. Jadi waktu aku ditanya mau jadi apa, aku jawab DOKTER dan jawaban ini Alhamdulillah langgeng nyampe aku SMA kelas 10. Kenapa?
Ngerasa gak sih ketika kamu sudah beranjak dewasa merasakan akan banyak kebutuhan yang harus kamu penuhi? Terutama untuk para wanita nih yang paling lemah sama barang-barang branded, apalagi sama barang yang lucu-lucu. Padahal belum tau barangnya akan dipake engga. Ya namanya wanita yaa hehe..

Oke back to topic, nah ketika udah SMA pikiran kalian pasti sudah mulai terbuka tuh. Wah jadi sebenrnya itu banyak loh pekerjaan di dunia ini. Wah ternyata kalau jadi ini gaji nya gede yaa lebih gede dari dokter hmm. Wah kalau jadi dokter kapan aku nikahnya ya. Wah kalau kuliah jurusan ini mahal banget biaya nya. Wah kalau mau jurusan ini banyak banget saingannya. Wah terlalu banyak wah nya yaa aku hehe.. Ya begitulah sebagian kecil pikiran anak SMA, karena ketika SMA aku ngerasain hal itu. Kalau temen-temen gimana nih?

Nah masuk lah ke fase-fase TER-DILEMATIS dimana kalian harus menentukan tujuan hidup kalian ke depan. Hayoloh... Jadi waktu aku kelas XII aku uda hopeless banget mau jadi dokter. Otak aku kopong. Keadaan ekonomi keluargaku lagi terganggu ( Ya namanya hidup yaa gais;' ) agak sulit kalau mau ambil kedokteran. SMA ku termasuk sekolah unggulan menengah atas , jadi aku uda menciut sendiri ketika temen-temen ku yang nilai nya badai-badai itu memilih kedokteran. Dan cukup sudah aku mengucapkan "Goodbye my first dream, i will find my better dream there" :( *cry*

Oke singkat cerita aku ambil jurusan Teknik Industri.
Oke oke emang agak jauh eh emang jauh ya dari Kedokteran terus sok-sok mau Teknik hehe..
Jadi sebenernya aku mau bikin keadaan ekonomi keluargaku seperti sedia kala, atau kalau bisa InshaAllah aamiin.. bisa jadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Oh iya aku masuk ke salah satu perguruan tinggi swasta yang cukup ternama eaaaa...

Nah ini yang bikin seru... !!! *dancing*
The first impression masuk kuliah ' Yah gini aja', pasti kalian yang baru semester awal ada yang mungkin pernah merasakan hal yang sama. Tapi banyak juga sih temen aku yang baru masuk kuliah uda pada stress berat. Kalau aku sih bahagia hehe.. Eh tapi gak langsung bahagia sih. Ada rasa kecewa yang pasti dalam diri sendiri. "Seharusnya gue bisa dapet lebih" Ya namanya juga manusia tooo:') Tapi terlepas dari itu semua "Apa yang kita anggap baik belum tentu baik bagi-Nya, dan apa yang kita anggap buruk bisa jadi baik bagi-Nya" Rahasia Allah emang sangat luar biasa yaa <3

First, aku masuk kelas yang Alhamdulillah temen-temenku baik dan bikin semangat kuliah. Dosennya juga cukup baik. Alhamdulillah juga mata kuliahnya 'Belum bikin stress akut' ( Ya namanya juga semester awal hehe ) .Praktikum? Wah uda mulai agak stress aku kalau praktikum:(
Second, aku belajar keluar dari zona aman. Ya emang sih masih belajar itu aja uda Alhamdulillah ya karena aku dulu ya lumayan manja hehe. Sekarang apa-apa sendiri kemana-mana sendiri harus tanggung jawab sama diri sendiri sebelum tanggung jawab ke yang lain-lain kan? hehe
Ya gitudeh awkakaka..

Nah masuk semester selanjut-selanjutnya uda makin bikin gemessshh...
Aku harus berpisah dengan temen-temenku yang superman dan superwoman itu.. Hikssss
Terus mata kuliah nya makin seru ( Makin concern sama jurusan pasti nya + makin hot susah nya )
Apalagi praktikum nya, Luar Biasa!!

Jadi Praktikum Teknik Industri menurut aku sangat banyak banget manfaatnya. Jadi apa yang kita pelajarin di kelas diimplementasikan ke Lab. Terkadang apa yang kita pelajarin di Lab diimplemantisikan ke kelas. Jadi sangat sejalan.
Nah praktikum sendiri itu banyak banget suka duka nya.. Baper-baperan sama temen sekelompok ( Wah ini mah uda makanan seharo-hari ), nguras uang jajan hiks karena ada beberapa tugas yang memerlukan biaya untuk menunjang kegiatan praktikum kayak nge print contoh kecilnya. Terkadang saking serius dan dikejar deadline sampai lupa makan ( Lumayan biar kurus hehe ). Terus belajar persentasi didepan kakak aslab yang nanti ya bisa berguna kalau kita mau persentasi didepan CEO-CEO eaaaaa. Belajar menahan ego biar kelompok kompak jadi hasil laporan, hasil persentasi, hasil semuanya bisa maksimal.

Apa itu Teknik Industri?


( To be continued )

0 comments:

Post a Comment